Minggu, 21 April 2013

Manfaat daun sirih merah

Manfaat daun sirih merah, Sirih merupakan tanaman asli Indonesia yang tumbuh merambat atau bersandar pada batang pohon lain. Sebagai budaya daun dan buahnya biasa dimakan dengan cara mengunyah bersama gambir, pinang dan kapur. Namun mengunyah sirih telah dikaitkan dengan penyakit kanker mulut dan pembentukan squamous cell carcinoma yang bersifat malignan.

Khasiat daun sirih sudah dipercaya dari zaman nenek moyang kita untuk kesehatan, dan penelitian baru-baru ini menunjukkan manfaat yang dimilikinya terutama daun sirih merah memang benar apa adanya. Ciri khas tanaman tropis ini adalah berbatang bulat hijau keunguan dan tidak berbunga. Permukaan daun sirih merah mengkilap dan tidak merata serta sebagai produksi the merah bertangai membentuk jantung hati dan bagian atasnya meruncing.

Daun sirih ini memiliki banyak sekali manfaat dan khasiat. Terutama manfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Beberapa kandungan yang terdapat pada minyak atsiri yang dihasilkan oleh daun sirih adalah minyak terbang (betiephenol), seskuiterpen, pati, diastase, gula dan zat samak dan kavikol yang memiliki daya mematikan kuman, aktioksidasi dan fungisida, anti jamur.

Penelitian terhadap tanaman sirih merah sampai saat iini masih kurang terutama dalam pengembangan sebagai bahan baku untuk bio-farmaka. Selama ini pemamfaatan sirih merah di masyarakat hanya berdasarkan pengalaman yang dilakukan secara turun-temurun dari orang tua kepada anak atau saudara terdekat secara lisan. Di Jawa, terutama di Kraton Yogyakarta, tanaman sirih merah ini telah dikonsumsi sejak dahulu untuk menyembuhkan berbagai jenis penyakit. Selain itu tanaman sirih merah mempunyai manfaat menyembuhkan penyakit ambeien, keputihan dan bisa digunakan sebagai obat kumur, karena alkaloid di dalam sirih merah inilah yang berfungsi sebagai anti mikroba.

Khasiat daun sirih merah ini digunakan untuk mengurangi keputihan dan menjaga organ kewanitaan, karena salah satu khasiat dari daun sirih merah adalah sebagai antiseptic. Yaitu dengan merebus 7-10 lembar daun sirih merah, lalu menggunakan air rebusan untuk membilas organ kewanitaan. Dan khasiat lainnya seperti obat tradisional untuk mengatasi penyakit seperti kencing manis, kanker, asam urat, hepatitis, kelelahan, maagh, dan masih banyak lagi. Air rebusannya yang mengandung antiseptic digunakan untuk menjaga kesehatan rongga mulut dan menyembuhkan penyakit keputihan serta bau tak sedap.

Bahkan khasiat dari daun sirih merah ini sudah benar-benar dimanfaatkan oleh masyarakat secara turun-temurun oleh masyarakat Yogyakarta. selain itu menurut keyakinan orang Jawa, daun sirih merah ini juga mampu mengobati berbagai jenis penyakit lainnya seperti ambeien, sebagai anti mikroba dan sering juga digunakan sebagai obat kumur untuk membunuh bakteri-bakteri yang ada di dalam mulut kita. Untuk mengkonsumsi daun sirih merah ini sangatlah mudah, dengan merebus daun sirih merah ini dan sisakann airnya sampai satu gelas dan kemudian meminumnya secara rutin. Itulah beberapa manfaat dan khasiat daun sirih merah yang sangat membantu menyembuhkan berbagai penyakit dan baik untuk kesehatan tubuh kita. Meskipun yang diseduh cuma satu lembar daun, namun pahitnya pol tenan dan warnanya menjadi hitam, karena saya juga sudah pernah meminumnya.

Sirih merupakan salah satu jenis daun yang kaya akan khasiat dan manfaat untuk kesehatan tubuh kita. itu dikarenakan zat-zat yang terkandung di dalam sirih ini merupakan beberapa zat yang memang dibutuhkan oleh tubuh kita untuk menghindari berbagai penyakit. Sejak dulu memang sirih merupakan salah satu tanaman yang memang sering dimanfaatkan untuk mengobati berbagai jenis penyakit.

Selain bersifat antiseptic, sirih merah juga bisa dipakai untuk mengobati penyakit diabetes, dengan meminum air rebusan sirih merah setiap hari akan menurunkan kadar gula darah sampai pada tingkat yang normal.

Nah dibawah ini adalah beberapa khasiat daun sirih merah serta cara meracik daun sirih merah untuk pengobatan.

Kandungan Kimia Yang Terdapat Dalam Daun Sirih Merah

Para ahli pengobatan tradisional telah banyak menggunakan tanaman sirih merah oleh karena mempunyai kandungan kimia yang penting untuk menyembuhkan berbagai penyakit. Dalam daun sirih merah terkandung senyawa fitokimia yakni alkoloid, saponin, tanin dan flavonoid. Dari buku ”A review of natural product and plants as potensial antidiabetic” dilaporkan bahwa senyawa alko-koloid dan flavonoid memiliki aktivitas hipoglikemik atau penurun kadar glukosa darah.

Kandungan kimia lainnya yang terdapat di daun sirih merah adalah minyak atsiri, hidroksikavicol, kavicol, kavibetol, allylprokatekol, karvakrol, eugenol, p-cymene, cineole, caryofelen, kadimen estragol, ter-penena, dan fenil propada. Karena banyaknya kandungan zat/ senyawa kimia bermanfaat inilah, daun sirih merah memiliki manfaat yang sangat luas sebagai bahan obat.Eugenol dapat digunakan untuk mengurangi rasa sakit, sedangkan tanin dapat digunakan untuk mengobati sakit perut.

Daun Sirih Merah Untuk Pengobatan Penyakit Diabetes

Petik tiga lembar daun sirih merah setengah tua dan daun keenam atau ketujuh dari pucuk. Cuci bersih semua daun, kemudian iris kecil-kecil. Rebus dengan air sebanyak tiga gelas (600 ml) sampai mendidih dan tersisa 1,5 gelas. Minum sehari tiga kali sebelum makan, sekali minum setengah gelas.

Dengan ramuan tanaman obat lain.

Ambil tiga lembar sirih merah ukuran sedang, 40 gram kulit kayu gayam yang sudah dibersihkan bagian luarnya, dan 30 gram kulit kayu jamblang kering. Bahan-bahan ini diseduh dengan 2 gelas (400 ml) air hingga mendidih dan tersisa 1 gelas. Saring, minum sehari dua kali tiap pagi dan sore hari sebelum makan. Sekali minum setengah gelas.


Untuk mendapatkan manfaat daun sirih merah untuk jerawat hendaknya dilakukan dengan rutin dan juga disertai dengan menjaga kebersihan wajah. Cara penggunaannya adalah:

Sediakan daun sirih merah sebanyak 10 lembar, cuci hingga bersih, kemudian tumbuk halus. Campurkan daun sirih merah yang sudah halus dengan air panas. Tunggu beberapa saat sampai airnya menjadi hangat dan gunakan untuk mencuci muka. Lakukan hal ini sebanyak 2 kali sehari. Anda akan melihat bahwa jerawat Anda menghilang dengan pemakaian teratur

Selain menggunakannya sebagai bahan pencuci muka, Anda juga bisa mengkonsumsinya unutk mendukung penyembuhan jerawat dari dalam tubuh. Sediakan 12 lembar daun sirih merah dan sepotong jahe yang sudah dikupas dan dicuci bersih. Seduh kedua bahan tersebut dengan air mendidih. Minumlah setelah dingin sebanyak 3 kali sehari. Selain bagus untuk menghilangkan jerawat, ramuan ini juga baik untuk menghilangkan bintk hitam di wajah.

Cara Meramu Daun sirih merah untuk obat batuk

Untuk bisa menggunakan daun sirih merah dengan benar dan memperoleh manfaat daun sirih merah untuk batuk, cobalah ikuti langkah berikut ini. Langkah ini bisa anda lakukan bagi anda yang sudah terlanjur terserang penyakit batuk atau bagi anda yang belum terserang namun ingin melakukan pencegahan terhadapnya. Pertama adalah siapkan daun sirih merah sebanyak sepuluh lembar saja. Kemudian cuci daun tersebut hingga bersih. Setelah selesai dicuci, rendamlah daun tersebut dalam cairan alcohol 70% dan tunggu selama kurang lebih 30 menit. Ini perlu anda lakukan supaya bakteri yang ada didalamnya bisa segera mati.

Setelah itu anda bisa merebus daun sirih merah itu kedalam air sebanyak 800 ml dan kemudian tambahkan gula sebanyak 100 gram jika anda menginginkan. Rebus daun sirih merah dan gula tersebut sampai mendidih dan setelah selesai tuangkan ramuan ini kedalam gelas.

Minumlah ramuan herbal yang berasal dari daun sirih merah ini setiap hari dan rasakanlah manfaatnya bagi tubuh anda. Jika ingin memperoleh manfaat daun sirih merah untuk batuk 100%, pastikan anda meminum ramuan ini tiga kali sehari dan harus rutin. Biasanya paling cepat batuk yang anda derita akan langsung sembuh dalam kurun waktu 3 hari dan paling lama dalam waktu seminggu. Cukup menarik bukan untuk dicoba agar bisa mengatasi batuk anda yang menyiksa.

Meracik Ramuan manfaat daun sirih merah untuk kecantikan

Ada dua cara untuk meracik ramuan ini dan mendapatkan manfaat daun sirih merah untuk kecantikan.

  • Pertama adalah dengan diminum; yang harus anda lakukan adalah merebus 3 sampai 5 lembar daun sirih merah sampai masak. Kemudian hasil rebusan tadi anda masukan kedalam gelas dan minumlah secara rutin setiap hari. Dengan demikian, kecantikan yang anda miliki akan senantiasa terjaga dan anda tidak perlu lagi memakain kosmetik atau bahan kimia lainnya untuk memberikan perlindungan pada kulit cantik anda. Ada lagi cara lainnya selain diminum, yaitu dengan cara dioleskan pada kulit.
  • Kedua, anda harus menyiapakan dua lembar daun sirih merah yang kemudian harus anda tumbuk dengan air hingga merata. Setelah itu oleskan saja daun sirih merah itu ke bagian muka anda untuk memperoleh manfaat daun sirih merah untuk kecantikan. Biasanya banyak wanita yang menganggab bahwa pancaran kecantikan bisa diperoleh dari bagian wajah, maka jangan ragu untuk mengoleskan daun sirih merah yang telah anda tumbuk ini ke muka anda. Setelah itu bilas dengan air dan selesai. Anda telah memperoleh wajah yang cantik dan juga bersih. Kecantikan yang alami inilah yang akan memberikan anda daya tarik tersendiri.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar